Rabu, 16 Juni 2010

Majalengka Bermimpi Ingin Seperti Singapura

Impian menjadi lebih baik adalah suatu hal yang wajar. Namun harus ada upaya untuk merealisasikannya agar tidak menjadi sekadar mimpi. Seperti impian Majalengka untuk bisa menjadi Singapuranya Jawa Barat (Jabar) pada 2010 nanti.

Ini tidak berlebihan sebab sekarang sedang dipersiapkan pembangunan bandara internasional di Kertajati, Majalengka. Dalam rangka itu pembebasan 5 ribu hektar tanah masih terus diupayakan. Bukan hanya sekadar bandara internasional yang akan dibangun, tapi kota berbasis bandara.

Nantinya area tersebut akan dikenal dengan nama Kertajati Aero City. Wow! Selain itu perjalanan dari Jakarta akan menjadi lebih cepat dengan dibangunnya jalan tol Cikampek-Cirebon atau yang sering disebut Cikacir. Selama ini perjalanan Jakarta-Majalengka harus memakan waktu setidaknya 4 jam. Itu pun melewati jalan yang cukup berliku.

"Majalengka akan lebih hidup lagi dengan pelabuhan Nusantara yang ada di Cirebon. Jadi kita bisa jadi Singapuranya Jawa Barat," ujar Sekda Kabupaten Majalengka di Kantor Bupati Majalengka, Jl A Yani Majalengka, Jabar, Sabtu (25/3/2006). Ia berharap dengan situasi yang lebih hidup, maka akan tercipta berbagai lapangan kerja bagi masyarakat.

Sehingga angka pengangguran bisa ditekan. Majalengka juga mengembangkan agrobisnis, agro wisata dan melakukan kerjasama antar wilayah untuk meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat. Dari kesemua bidang itu yang paling difokuskan adalah yang berhubungan dengan pertanian, karena mayoritas penduduk bermata pencarian sebagai petani. "Kita beharap kartu miskin kita akan semakin berkurang dan bahkan hilang pada saat itu," imbuh Suharja.

Sekedar diketahui, Kabupaten Majalengka memiliki luas 120,4 hektar. Kabupaten ini berpenduduk 1,8 juta jiwa. Kabupaten Majalengka berbatasan langsung dengan Indramayu di sebelah selatan. Ciamis dan Tasikmalaya berbatasan langsung dengan Majalengka di sebelah selatan, sedangkan Cirebon dan Kuningan berada di sebelah timurnya. Dan dengan Sumedang di sebelah baratnya. (ary/)


Sumber :
Nurvita Indarini
http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/03/tgl/25/time/230530/idnews/565633/idkanal/10
15 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar