Rabu, 16 Juni 2010

Majalengka Keluar dari Mitos?

Bincang Majalengka sudah pasti akan merujuk ke sejumlah kisah dari kerajaan/padepokan dengan ciri khusus, semisal tautan dengan wilayah lain. Untuk lepas dari kekuatan mitologi yang membingkai sejarah Majalengka, perlu direkatkan fakta komprehensif bersama hipotesis yang mendukungnya.

Diperlukan penelusuran sejarah Majalengka dan pencarian jejaknya sehingga hasilnya dapat dipahami secara logis dan tidak terkurung semata-mata oleh mitos atau warna magis.

Upaya Majalengka yang direspons pemerintah setempat menjadi penting lantaran pada 7 Juni 2010 usia Majalengka diterakan pada angka 520 tahun. Benarkah? Inilah yang lantas membentuk tim penelusuran sejarah Majalengka dengan ketua sejarawan Universitas Padjadjaran, Nina Lubis.

Dunia yang rasional memang tak mampu menghindar dari dunia irasional. Namun, jika terpaku pada irasionalitas, tidak akan ada sejarah yang dapat diterima sebagai kajian serta sajian yang logis dengan unsur pendukung penting metode ilmiah. Begitulah seharusnya sejarah mengedepankan kekuatan logika.

Buah maja tiba-tiba langka. Kabar mitologi menyebutkan, Nyi Rambut Kasih dari Kerajaan Sindang Kasih jatuh cinta kepada Pangeran Muhammad (keturunan Pangeran Panjunan). Pangeran Muhammad yang bertugas menyebarkan agama Islam ke Majalengka pun akhirnya menjadi bagian integral dari sejarah Majalengka. Tak pelak penyebutan majae langka berakhir pada kata majalengka.

Talagamanggung

Kisah ini tentu saja tidak sepenuhnya diterima masyarakat, terlebih budayawan dan sejarawan yang mengedepankan fakta. Hal itu berbeda dengan Kerajaan Talagamanggung yang berawal dari sebuah padepokan di Desa Banjaran. Lingkung alam yang sejuk dan telaga kecil dengan air jernihnya memungkinkan Talagamanggung menarik minat pendatang, entah untuk berguru, berniaga, atau memulai kehidupan baru.

Pendatang tak cuma dari Jawa, bahkan Campa (kini Kamboja) dan Thailand. Kerajaan Talagamanggung pada mulanya adalah padepokan di Gunung Bitung Talaga, didirikan oleh Rakaian Sudayasa pada abad ke-13 dengan penerusnya Dewa Niskala. Manuskrip lama Siksa Kandang Karsiyan (586 Masehi) menuliskan keberadaan Kerajaan Talagamanggung.

Kerajaan Talagamanggung diambil dari nama Prabu Talagamanggung yang juga dikenal sebagai Mundingsae Ageng dengan penanda tahun 1292 Masehi. Prabu Talagamanggung mempunyai keturunan, Putri Simbar Kencana dan Raden Panglurah. Raden Panglurah tidak berminat pada politik. Ia memilih kehidupan begawan, sedangkan Simbar Kencana tertarik pada tata kelola pemerintah.

Maka, keturunannya kelak (setelah Simbar Kencana menikah dengan Raden Kusumalaya), yakni Ratu Sunyalarang (Ratu Parung), menikah dengan Raden Ranggamantri dari Kerajaan Pajajaran. Pernikahan dengan mas kawin seperangkat gamelan, baju anti peluru, ukiran, uang blendong, keris, dan tombak itu pun memperkaya aset Kerajaan Talagamanggung.

Talaga dan Sindang Kasih

Kerajaan Talagamanggung ngahiyang (mengilang/sirna). Sastra lisan Majalengka menerangkan kedatangan seorang pangeran dari Lampung yang dinamai Palembang Gunung. Pangeran itu hendak mengabdi di kerajaan. Lantaran cerdas dan tampan serta pandai mengorganisasi, Palembang Gunung menikah dengan Putri Simbar Kencana, lantas menjadi mahapatih kerajaan.

Cerita rakyat menyebut pada suatu masa terjadinya huru-hara dengan target kudeta menurunkan Prabu Talagamanggung. Pemberontakan yang dipimpin Citrasinga itu pun berhasil membinasakan Prabu Talagamanggung dengan senjata cis, sejenis kujang. Menurut kepercayaan masyarakat Talaga, kematian Prabu Talagamanggung itu menimbulkan tenggelamnya kerajaan. Berdasarkan cerita rakyat, tokoh di balik huru-hara itu tidak lain adalah Pangeran Palembang Gunung.

Merunut paparan Teja Sukmana, budayawan Majalengka, ada makam Raden Arya Saringsingan di Banjaran, makam Raden Ranggamantri di Sanghiang, makam Ratu Sunyalarang di Cikiray, serta makam Raden Sacanata di Desa Argasari. Termasuk pula makam Sunan Wanaperih di Kagok. Namun, bagi Ibrahim Sumadinata (78), penelusuran sejarah Majalengka lebih pas apabila merujuk pada keberadaan Nyi Rambut Kasih di Kerajaan Sindang Kasih.

"Talaga itu kalah oleh Islam dari Cirebon, sedangkan Nyi Rambut Kasih tidak. Islam diterima dengan damai. Bahkan Pangeran Muhammad menjadi suaminya," ujar Ibrahim. Sindang kasih, menurut dia, ditaut dari kata candrasengkala. Candrasengkala berarti 1412 dan bila diubah ke tahun Masehi menjadi 1490. Maka, tahun 1490 itulah tahun kelahiran Majalengka.

Candrasengkala sendiri merupakan khazanah budaya di Kerajaan Mataram. Tahun 1490 juga merupakan tahun kedatangan Pangeran Muhammad dari Cirebon bersama istrinya, Siti Amrillah. Keduanya menyebarkan Islam di Majalengka. Majalengka menganut Islam lebih dulu sebelum Rajagaluh. Wilayah Kerajaan Sindang Kasih terbentang dari Cilutung (Sumedang) hingga Gunung Kromong (Ciwaringin).

Sejarah harus memuat unsur heroisme dan patriotisme. Sebab, sejarah merupakan penentu arah masa depan bangsa. Dengan demikian, jangan mewariskan sejarah yang tidak benar. Hal ini juga dapat ditaut dengan kisah islamisasi Talaga oleh Sunan Gunungjati dari Cirebon. Raden Ranggamantri yang menikah dengan Ratu Simbar Kencana, setelah memeluk Islam, mendapatkan gelar Pucuk Umun. Itu merupakan gelar kehormatan dari Sunan Gunungjati yang berarti perintis pemula.

Pertanyaan yang mengemuka, berubahkah hitungan ulang tahun Majalengka bila tim penelusur sejarah berhasil mengungkap fakta sejarah Majalengka? Semakin tua atau muda?


Sumber:
DADANG KUSNANDAR, Penulis Lepas, Tinggal di Cirebon
http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/06/07/16310759/majalengka.keluar.dari.mitos
17 Juni 2010

DADANG KUSNANDAR Penulis Lepas, Tinggal di Cirebon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar